Wednesday, May 12, 2010

KALKAREOUS OOZE


KALKAREOUS OOZE



Samudra Atlantik


Kedalamannya lebih dari 2-3 dari kedalaman landasan samudra atlantik dilapisi oleh kalkareus oozes. Kalkareous oozes yang paling luas penyebarannya berkomposisi foraminifera sebagian diantaranya adalah plantonik dan lebih dari 10 % karbonat dibeberapa atlantik oozes disusun oleh benthonik yang terbentuk dari fomaninifera. Cangkang aragonik dari pteropod juga ditemukan dilapisan ini. Aragonit tidak mudah rusak dari pada kalsit yang terbentuk dari kalsium karbonat maka pteropod ditemukan hanya di daerah air panas dimana air tersebut pada dasarnya bereaksi dengan kalsium karbonat.


Samudra Fasifik


Dari lantai samudra fasifik bagian utara terdapat beberapa pada kedalaman dibawah 4000 m. Sedikit keberadaan produktifitasnya  terdapat pada daerah yang jauh dari daratan, dan sangat sedikit karbonat yang ditemukan pada batuan sedimennya. Karbonat Oozes terakumulasi pada daerah selatan pada daerah pematang difasifik utara. Karbonat Oozes didaerah akuator timur mengadung lebih dari 75 kalsim larbonat walau porsetase yang lebih tinggi bisa mencapai 90% dapat ditemukan pada daerah pematang fasifik selaan yang kenyataannya kurang produktifitasnya dari zona ekuator. Pada fasifik selatan konsentrasi yang tinggi dapat ditentukan melalui pencahayaan yang rendah.

Samudra India


Kalkareous oozes merupakan penyusun yang dominan pada Samudra India yang merupakan pertengahan dari kedalaman antara samudra atlantik dan samudra fasifik sekitar 54 % total area permukaan dari samudra India dilapisi oleh kalkareus oozes, selain lapisan lempung sekitar 25% dan lapisan silica oozes sekitar 20 % dari total area dari sedimen samudra. Foraminifera oozes merupakan lapisan sedien yang dominan pada daerah dasar dimana kedalamannya kurang dari 5000 meter. Area ini termasuk bagian dari samudra India barat ysang kontur kedalamannya lebih dari 5000 meter diatas pematang samudra.










LEMPUNG ABISAL



Samudra Atlantik


Bagian yang paling besar yang melapisi dasar samudra oleh lempung abisal  pada bagian barat dari pematang tengah atlantik membagi dua dasar samudra. Pola distribusi dihasilkan dari perbedaan kedalaman konpensasi kalsium karbonat pada sisi pematang. Kalsium karbonat ditemukan pada sediman dengan kedalaman sekiatar 6000 m pada sisi timur dari pematang. Sedangkan pembentukannya kembali dibawah kedalaman 5000ms angat jarang pada dasar sebelah barat. Perebedaan hasil dari kenyataan pada dasar laut antartik bermula pada laut weder keselatan dan dasar laut utara atlantik berasal dari grinland dengan temperatur air yang rendah dan karbon diopsid yang tinggi pada kedalaman landasan pada sisi barat pamatang.

Samudra Fasifik


Dominan disusun oleh lempung abisal pada ultra fasifik dimana mantelnya sekitar 80 % dari kedalaan landasan samudra. Lapisan kalkareuus oozes dan silica oozes sekitar 15% dari landasan samuda fasifik sebagai dasar lantai samudra fasifik dilapisi lebih oleh lempung yang banyak dari pada samudra lainnya.
Umumnya kalsium karbonat terlarut pada kedalaman 4500 meter yang tertinggal hanya konsentrasi minor dari biologi .

Samudra India


            Bagian timur dari pematang samudra pada kedalaman dibawah 4500m  pada beberapa kasus kalkareous pada dari sedimen  terbentuk kembali dan merupakan tipe dominan pada lempung abisal.

No comments:

Post a Comment