Wednesday, May 12, 2010

Akumulasi minyak dan gas bumi

Teori Akumulasi GUSSOW


Dalam keadaan hidrostatik, akumulasi dapat diterangkan oleh teori Gussow
( 1951 ).
Gumpalan – gumpalan atau tetes – tetes miyak dan gas akan bergerak sepanjang bagian atas lapisan penyalur keatas, terutama disebabkan pelampungan. Begitu sampai diperangkap ( dalam hal ini perangkap struktur ), minyak dan gas bumi akan menambah kolom gas dan mendesak minyak kebawah dan juga bertambah tinggi kolomnya dan gilirannya mendesak air kebawah. Hal ini akan terus terjadi sampai batas minyak – air mencapai spill-point. Penambahan minyak dan gas terus menerus akan menyababkan pelimpahan ( spilling ) minyak keatas ke struktur selanjutnya ( Fasa 2 ) . pada fasa berikutnya berhubung dengan penambahan gas maka seluruh minyak didesak gas kebawah sehingga melimpah sampai habis, dan perangkap diisi sepenuhnya oleh gas.

Teori akumulasi KING HUBBERT


King hubbert ( 1953 ) meninjau prinsip akumulasi inyak bumi dari segi kedudukan energi potensial,erat hubungannya dengan perangkap hidrodinamik. Dalam hal ini Minyak bumi baik dalam bentuk tetes – tetes maupun dalam bentuk fsa yang menerus yang berbeda dalam lingkungan air, akan selalu mencari bagian reservoir yang terisolir dan secara lokal mempunyai potensial terendah.Medan potensial dalam suatu reservoir yang terisi air merupakan resultan dari dua gaya yaitu gaya pelampungn dan gaya yang disebabkan gradien hidrodinamik.
Dalam pengertian ini minyak dan gas bumi akan berakumulasi jika bidang ekipotensial yang tegak lurus terhadap garis gay resultan kedua gaya tadi, menutup seluruhnya dari bawah daerah potensial rendah lokasi yang terisolir, misalnya suatu antiklin, suatu pelengkungan ataupun struktur lainya dimana lapisan reservoir dan lapisan penyekan diatasnya konkav kearah bawah.
Dengan konsepsi diatas ini maka suatu akumulasi dapat terjadi serta hilang atau terusir, dengan terdapatnya suatu gradien hidrodinamik yang pada setiap saat geologi arah serta besarannya ( Vektor ) dapat berubah. Dalam keadaan itu maka paling tidak posisi batas air minyak atau air gas itu miring. Akumulasi minyak dan gasbumi merupakan suatu keseimbangan yang dinamis.

No comments:

Post a Comment